Sudah 2019, Jangan Abaikan 6 Tanda WhatsApp Diblokir

Hey! Sudah tahun berapa, nih? Masa kamu belum sadar kalau WhatsApp kamu sudah diblokir? Jangan-jangan WhatsApp kamu sudah diblokir sejak lama. Sudah memasukin bulan ketiga di tahun 2019, sudah seharusnya kamu tahu tanda-tanda WhatsApp kamu diblokir.

Ketika kamu mengirim chat via WhatsApp tapi tidak dibalas, jangan langsung menaruh curiga. Jika kamu langsung berasumsi bahwa kamu sedang diblokir mungkin saja itu bisa menyebabkan kecanggungan di antara kalian berdua.

Jangankan menyapa langsung, menyapa via WhatsApp saja sudah tidak dibalas. Nah, untuk memastikan apakah WhatsApp kamu benar-benar diblokir atau tidak, kamu bisa mencoba enam cara berikut!

Perhatikan Last Seen-nya

Last seen merupakan sebuah fitur WhatsApp yang memungkinkan kamu melihat status temanmu. Kapan dan jam berapa dia terakhir online. Kemudian jika dia sedang online, akan ada tulisan online di statusnya. Kamu bisa melihat status tersebut ketika membuka room chat-nya.

Jika dia tidak memblokirmu, maka last seen-nya akan tampak dan kamu bisa mengetahui kapan dan jam berapa dia terakhir aktif. Akan tetapi, jika kamu sudah diblokir, maka status last seen tersebut tidak akan muncul pada room chat-mu. Jangankan status last seen, status dia sedang online pun tidak akan terlihat lagi.

Periksa tanda checklist

Pada WhatsApp terdapat tanda checklist untuk melihat status pesanmu. Jika terdapat checklist dua dan berwarna abu-abu artinya pesan tersebut sudah diterima oleh temanmu tetapi belum dibaca. Jika checklist tersebut berwarna biru, artinya dia sudah membaca pesanmu.

Nah, seringkali dalam keadaan offline, tanda checklist pada pesan hanyalah satu dan berwarna abu-abu. Mungkin saat itu temanmu memang benar-benar offline. Tetapi tanda checklist satu dengan warna abu-abu yang terjadi berhari-hari harus kamu curigai. Jangan-jangan temanmu memang sudah memblokir kamu. Mengapa demikian? Karena pesan yang kamu kirim tidak akan sampai kepadanya.

Baca Juga :  Spesifikasi Huawei Terbaru Nova 3

Foto profil hilang

Biasanya kamu bisa melihat pembaruan foto profil temanmu. Ketika dia mengganti fotonya, maka kamu dapat melihat perubahan fotonya. Kamu bisa mencurigai dia memblokir WhatsApp-mu jika sebelumnya dia menggunakan foto profil kemudian tiba-tiba hilang. Bisa jadi dia sedang menghapus fotonya, tetapi bisa juga dia sudah memblokir kamu sehingga kamu tidak mungkin lagi melihat perubahan fotonya.

Lakukan panggilan melalui WhatsApp

Pada aplikasi WhatsApp kamu bisa melakukan panggilan tanpa pulsa. Yap, hanya modal kuota atau wifi, yang penting terkoneksi, kamu bisa menelepon temanmu. Itu kalau kamu tidak diblokir olehnya. Beda lagi jika WhatsApp kamu sudah diblokir!

Ketika kamu sudah diblokir, maka kamu tidak bisa melakukan panggilan via WhatsApp. Meskipun kamu terus mencoba melakukan panggilan tersebut, jika dia belum membuka blokirnya maka panggilan tersebut tidak akan bisa dia terima.

Coba masukkan ke dalam grup

Untuk lebih memastikan apakah dia memblokirmu atau tidak, cobalah tambahkan dia ke dalam sebuah grup. Ketika kamu meng-klik add participant, lalu menambahkan kontaknya, maka akan ada tanda yang memberitahukan bahwa kamu tidak bisa menambahkan kontak tersebut ke dalam grup.

Hal ini berarti kamu tidak bisa menambahkan nomor yang sudah memblokirmu ke dalam grup WhatsApp.

Itulah lima tanda yang dapat kamu coba untuk memastikan apakah temanmu memblokirmu atau tidak. Jika kelima tanda tersebut sudah kamu coba dan terbukti, sudah seharusnya kamu bertanya alasan dia memblokirmu, ya!