Ini Loh 10 Kelebihan Telegram Dibanding WA

0 Comments

Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi yang pesat, ponsel pintar sudah merambah ke segala kalangan. Pesan yang dulu disampaikan melalui tulisan, kemudian telepon, SMS, hingga email. Kini sudah bisa disampaikan melalui aplikasi chat.

Aplikasi chat yang palin populer untuk saat ini tentunya adalah aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang paling banyak penggunanya di dunia karena beberapa kepraktisan dan keunggulan dibanding aplikasi chat lain yang beredar. Namun, tahukah kamu kalau selain Instagram, juga ada aplikasi yang tidak kalah populer, yakni Telegram?

Telegram yang dikembangkan oleh Pavel Durov mungkin tidak begitu populer di Indonesia. Namun, di Eropa dan Rusia, aplikasi ini memiliki basis pengguna yang tidak kalah banyak dengan WhatsApp (WA). Konon, aplikasi ini memiliki beragam keunggulan dibanding WA. Apa saja keunggulannya?

Ini loh 10 Kelebihan Telegram Dibanding WA

kelebihan telegram dibanding wa

Gratis

Telegram adalah salah satu layanan chatting yang gratis tanpa terkecuali. Kamu tidak perlu membayar apapun untuk aplikasi ini. Mungkin keunggulan ini yang membuat para penggunanya, dahulu, lebih memilih telegram daripada WA. Sebab, sekarang WA juga sudah gratis, walaupun dulu sempat memungut biaya per tahun untuk biaya langganan.

Pesan lebih cepat terkirim

Pesan di Telegram memiliki basis server cloud computing. Keunggulan basis server ini adalah membuat pesan yang disampaikan lebih cepat terkirim dan tidak ada kendala koneksi. Selain itu, pesanmu juga akan tersimpan dan ter-back up otomatis di cloud.

kelebihan telegram dibanding wa

Ukuran aplikasi lebih kecil

Ukuran aplikasi Telegram jauh lebih kecil dibanding WA, baik sebelum diinstal di ponsel ataupun sesudah diinstal di ponsel. Terlebih lagi, WA menyimpan data percakapan pada memori internal juga sehingga ukurannya membengkak dan menghabiskan memori. Sementara Telegram ada layanan cloud.

Baca Juga :  Bingung Cari HP dengan Spek Bagus? Redmi 6 Pro dengan RAM 4 GB Jawabannya

Kapasitas berbagi file mumpuni

WA terkadang mengalami kendala ketika akan berbagi file yang besar. Tak jarang, proses berbagi itu malah gagal. Ya, itu disebabkan WA membatasi penggunanya untuk berbagi file maksimal 16 MB sekali bagi. Sementara itu, Telegram dapat berbagi dengan limit yang jauh lebih besar, yakni 1,5 GB per file.

Mendukung multi platform

WhatsApp mengharuskan ponsel kalian stand by ketika harus login di WhatsApp web. Memang, aplikasi ini juga dapat dukungan multi platform. Akan tetapi, ponsel yang digunakan harus stand. Sementara Telegram lebih bebas. Karena basis cloud, Telegram bisa mendapatkan sinkronisasi data yang baik, sehingga bisa bebas di gunakan di platform manapun.

Fitur Channel

Fitur channel jelas tidak terdapat pada WA. Pada Telegram, terdapat fitur channel untuk berbai sesuatu. Sistemnya mirip dengan Instagram dan Youtube. Kamu bisa berbagi apapun pada followers kamu.

kelebihan telegram dibanding wa

Daya tampung grup lebih lega

Daya tampung grup WA kini sudah diupgrade hingga 250 orang. Namun, pada awalnya hanya 100 orang setiap grup. Pada saat itu, Telegram sudah bisa menampung lebih dari 250 anggota di grup.

Terdapat fitur bot

Satu lagi yang tidak dimiliki WA. Pada Telegram, terdapat fitur bot yang bisa kamu perintahkan untuk melakukan sesuatu sesuai arahan yang telah dimasukkan. Jadi, kamu tidak perlu melakukan hal tersebut secara manual.

Interaktif

Interaktif bukan berarti ada proses komunikasi dua arah yang berkesinambungan ya. Akan tetapi, pada Telegram tersedia fitur mention, reply, forward, atau hastagh. Pada WA upgrade terbaru, hanya fitur Hashtag yang belum tersedia.

Aman!

Dari keseluruhan keunggulan di atas, hal yang paling penting adalah poin terakhir ini. Ya, kamu sangat aman berkomunikasi melalui Telegram. Sebab, pada aplikasi ini terdapat layanan penyimpanan yang aman sehingga pesan tidak dapat disadap.

Baca Juga :  Rekomendasi Harga Kamera Nikon 2 jutaan, Nah Apa Aja Sih?

 

Nah, itulah beberapa kebihan Telegram jika dibandingkan WhatsApp. Meskipun saat ini WhatsApp sudah mengalami pengmbangan, tetapi tetap saja keunggulan-keunggulan di atas belum tercakup. Tentunya, hal ini akan bikin kamu mempertimbangkan untuk memakai Telegram juga bukan?