Begini Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Komputer ataupun Laptopmu!

0 Comments

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik adalah hal yang tidak bisa dilewatkan. Ke mana saja dia beraktivitas, musik akan dibawanya agar tidak jauh dari telinganya. Dengan begitu, aktivitasnya akan menyenangkan dan semakin berwarna. Tak terkecuali pula ketika seseorang sedang bekerja di kantor ataupun di rumah. Musik yang terpasang pada perangkat kerjanya, misal komputer atau laptop, selalu dimainkan untuk memperlancar dan mewarnai situasi kerjanya.

Agar tidak menggangu orang lain atau pekerja lain, mereka seringkali mendengarkan musik menggunakan headset (headphone, earphone, atau earbuds). Tentunya, di era industri 4.0 ini, siapapun akan risih ketika melihat kabel berseliweran di mana-mana, tak terkecuali di ruang kerjanya. Tak heran, beberapa dari mereka selalu menggunakan headset bluetooth untuk mendengarkan musik kesukaan.

Nah, kalau kamu mempunyai problem yang sama, kamu penasaran bukan bagaimana cara menggunakan headset bluetooth di komputer atau laptop kamu?

Begini Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Komputer ataupun Laptopmu!

Yap, di dalam tulisan ini, kami akan senantiasa berbagi cara menggunakan headset bluetooth di komputer atau laptop kamu agar situasi kerja kamu menyenangkan tanpa ada problem kabel berserakan. Namun, sebelum kita membahas lebih dalam mengenai cara menggunakan headset bluetooth di komputer kamu itu, alangkah lebih baiknya kalau kita tahu sistem headset bluetooth itu sendiri.

Headset bluetooth merupakan inovasi terbaru dari headset yang menggunakan layanan bluetooth sebagai konektor antara jack dengan headset itu sendiri. Teknologi ini digadang untuk mengatasi penggunaan karet dan kawat kabel yang terkadang menyebalkan.

Selain mengurangi sampah plastik dan sampah kawat, teknologi ini juga diharapkan membuat penggunanya lebih nyaman dalam menggunakan headset karena tidak terbatasi geraknya oleh kabel dan tidak terganggu dengan ribetnya kabel yang tergulung.

Baca Juga :  Ini Loh 10 Kelebihan Telegram Dibanding WA

Cara Menambahkan Perangkat Bluetooth pada Komputer Anda ...

Memang, ada desas-desus kalau headset bluetooth ini dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker atau masalah kesehatan lain pada otak karena radiasi bluetooth. Akan tetapi, hal itu belum bisa dibuktikan secara ilmiah ataupun bukti nyata dalam catatan dunia medis.

Pada dasarnya, menggunakan headset terlalu lama, baik itu headset bluetooth ataupun headset kabel biasa, tetap kurang baik dan berisiko pada kesehatan. Sebab, terlalu lama menggunakan headset akan melemahkan fungsi gendang telinga dan beberapa efek lain yang berdampak pada telinga. Jadi, untuk menyikapi risiko kesehatan memang sebaiknya gunakan headset secara bijak, tidak berlebihan.

Nah, dengan risiko kesehatan yang minor dan beberapa keunggulan dibanding dengan headset kabel, tentunya kamu semakin tertarik untuk menggunakan headset bluetooth ini bukan?

Kalau begtu, langsung saja kita simak cara menggunakan headset bluetooth di komputer dan laptop kamu sebagai teman bekerja. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Nyalakan bluetooth pada headset kamu.
  2. Setelah itu, kamu bisa klik Start dan cari Bluetooth Devices pada kolom search. Atau, kamu bisa juga buka Control Panel dan klik Devices, klik Bluetooth Devices.
  3. Pada jendela ini, kamu kemudian perlu menambahkan perangkat bluetooth kamu ke sistem komputer. Klil Add Device, klik Audio/Video Device.How To Set Up An iPhone DUN Internet Connection
  4. Sistem komputer akan otomatis memindai perangkat yang tersedia di sekitar komputer. Ketika sudah terdeteksi dan muncul di jendela, kamu bisa klik Next.
  5. Tunggu hingga perangkat terhubung dengan sendirinya.
  6. Jika sudah, klik kanan pada icon Speakers, di bagian toolbar windows kamu, dan kemudian klik Playback Devices.Windows and Android Free Downloads : Dell Inspiron N5010 Bluetooth Driver For Windows 7
  7. Kemudian pilihlah Bluetooth Audio Renderer (Ready), lalu klik kanan dan pilih Set as Default.
  8. Sekarang komputer kamu sudah secara langsung terhubung dengan headset bluetooth, dan secara otomatis pula, musik atau audio yang diputar pada komputer kamu akan langsung terdengar pada perangkat headset bluetooth kamu.
Baca Juga :  Daftar Harga HP OPPO A3S

Itulah rangkaian cara menggunakan headset bluetooth di perangkat kerja kamu, komputer atau laptop. Mudah bukan? Sebagai catatan saja, meskipun headset bluetooth ini merupakan inovasi terbaru dari penggunaan headset di era industri 4.0, kamu tetap bisa menghubungkan perangkat ini ke berbagai sistem operasi komputer kamu yang mungkin tidak baru-baru amat, misalkan iOS lama ataupun Windows 7 dan 8. Jadi, kamu tidak perlu bela-belain upgrade Windows dan sistem operasi kamu ke versi yang paling baru.

Jadi, selamat mencoba dan menikmati.